Tuesday, April 3, 2012

bahasa walikan

DAGADU = MATAMU...........................
mungkin belum banyak orang yang tau,,tentang sandi ini,,yap,,di jogja, dagadu merupakan icon oleh oleh yang asli jogja,oke kita kali ini akan ngebahas sandi yan berasal dari bahasa jawa,,pertama,, sejarahnya adalah ._.
*jengjeng! dulu pada jaman penjajahan, orang jawa, khususnya di jogja sangat diawasi oleh penjajah dalam setiap aktivitas sehari2nya, apalagi yang berbau perjuangan. untuk itulah para pejuang kita menggunakan sandi dalam bahasa mereka.
 

Sandi ini dibuat berdasarkan pada urutan aksara jawa.. yup honocoroko itu lho.. seperti terlihat pada gambar di bawah ini :






baris pertama ditukar dengan baris ketiga, dan baris kedua ditukar dengan baris keempat. Di jogja gaya bahasa ini dikenal juga dengan bahasa walikan (walik=balik)
Para pejuang menukar urutan baris aksara itu untuk membingungkan pihak penjajah, sederhana sih, tapi tenyata cara ini bekerja dengan baik, dan masih sering digunakan sampai saat ini.
contoh : MATAMU - menggunakan aksara MA+TA+MA, menurut tabel enkripsi posisi MA digantikan oleh aksara DA, dan posisi TA digantikan oleh aksara GA, matamu menjadi dagadu, silakan mencoba untuk kata2 lain.

dan mungkin masih sedikit orang yang tau apa itu *dab* ,,dab juga dalam sandi ini,,hahah dab disini berarti mas ._. panggilan untuk pria..



jadi nggak heran kan kalo jogja itu memang ISTIMEWA!!!
 
silahkan nyoba yang lainnya,,silahkan bereksperiment kawan!









No comments:

Post a Comment